Citra Satelit Konvoi Militer Rusia ke Kiev Sepanjang 64 Km

Citra Satelit Konvoi Militer Rusia ke Kiev Sepanjang 64 Km
Citra Satelit Konvoi Militer Rusia ke Kiev Sepanjang 64 Km. (Foto: Citra satelit © 2022 Maxar Tech/AFP/Getty Images)

Citra Satelit Maxar memperlihatkan ada pengerahan besar-besaran militer Rusia menuju Kyev. Barisan konvoi kendaraan semakin panjang bahkan mencapai sepanjang 40 mil atau 64 km.

Maxar yang mempublikasikan serangkaian citra satelit tentang perkembangan militer Rusia di perbatasan Ukraina, mengatakan jika dibandingkan dengan citra sebelumnya, konvoi di utara ibu kota Ukraina terlihat bertambah panjangnya.

Gambar satelit yang diambil oleh perusahaan penginderaan jauh AS Maxar menunjukkan bagian dari konvoi militer Rusia sepanjang 40 mil yang sedang berkumpul di barat laut Kota Kyiv, ibu kota Ukraina

Menurut perusahaan AS Maxar, gambar menunjukkan sekarang barisan kendaraan itu jauh lebih panjang dari yang dilaporkan pada hari sebelumnya yang hanya  17 mil (27 km).

Baca:   Betulkah Kajol Meninggal? Ini Faktanya
Sebuah citra satelit menunjukkan ujung selatan konvoi yang dilaporkan dekat bandara Hostomel dekat Kyiv. Foto: Maxar Technologies/Reuters
Sebuah citra satelit menunjukkan ujung selatan konvoi yang dilaporkan dekat bandara Hostomel dekat Kyiv. (Foto: Maxar Technologies/Reuters)

Maxar juga mengatakan berdasarkan citra satelit, terdapat pengerahan pasukan darat tambahan dan unit helikopter serang darat.

Kiev adalah kota terpenting Ukraina yang menjadi kunci efektifitas perang strategi militer Rusia. Sejak awal perang Rusia dan Ukraina, Kiev telah dibombardir dengan rudal. Perlawanan Ukraina juga sangat tinggi, membuat pertempuran dalam meperebutkan kota ini semakin sengit.