Dosen UNM Tingkatkan Keterampilan Warga Melalui Pembuatan Bakso Sayur Tiga Warna

KAL Dosen UNM Tingkatkan Keterampilan Warga Melalui Pembuatan Bakso Sayur Tiga Warna
Foto : Dosen UNM dan Pelaku Usaha dan Pelatihan

GOWA, SULSEL – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa pada Sabtu-Minggu, 4-5 Juni 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai perwujudan dari pengamalan salah satu pilar tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melalui Pembuatan Bakso Sayur Tiga Warna Sebagai Alternatif Peluang Usaha Kuliner.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Dr. Ir Hj. Marhawati, M.Si. selaku ketua tim pengabdi, Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si. dan Andika Isma, S.Pd., M.M. sebagai Anggota Tim Pengabdi serta diikuti oleh 24 warga peserta pelatihan dan 3 mahasiswa Prodi Kewirausahaan.

Baca:   Batik Air dan Wings Air akan Menyesuaikan Operasional di Halim

Koordinator Pengabdi, Dr. Ir. Hj. Marhawati, M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat melalui Pembuatan Bakso Sayur Tiga Warna Sekaligus Alternatif Peluang Usaha Kuliner.

“Melalui program ini, masyarakat diberikan bekal agar memiliki keterampilan dan kreativitas serta memberi dorongan kepada masyarakat agar nantinya termotivasi untuk melakukan berbagai kegiatan kreatif atau kedepannya ingin membuka usaha sendiri,” ungkap dosen Program Studi Kewirausahaan FE UNM ini.

Sementara itu, Ketua Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan UNM, Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si., sekaligus anggota tim pengabdi menilai bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai salah satu bekal dalam berwirausaha atau ingin mendirikan usaha sesuai dengan apa yang telah diberikan pada saat pelatihan ini.

Baca:   Detik-Detik Tabrakan Beruntun Truk Kontainer di Balikpapan

“Kegiatan ini dapat mengembangkan keterampilan (skill) masyarakat dalam membuat dan melakukan inovasi pada produk bakso menjadi bakso sayur tiga warna, sehingga nantinya menjadi salah satu pilihan kepada warga peserta pelatihan yang ingin menekuni bidang usaha kuliner ini.” tutur Ketua Jurusan Bisnis dan Kewirausahaan FEB UNM ini.

Selain menjelaskan tentang kegiatan pengabdian ini kepada masyarakat, Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Jurusan juga meperkenalkan Program Studi Kewirausahaan serta memaparkan Visi, Misi, dan profil lulusan dari Program Studi Kewirausahaan FEB UNM.

Sementara itu, mitra pada kegiatan pengabdian ini, Syahril, S.E., M.H., sangat merespon positif kegiatan ini dan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan warga jika ingin berwirausaha atau membuat inovasi usaha lainnya.

Baca:   Daftar Status PPKM Level 1, 2, 3, dan 4 Daerah Se-Indonesia