Dukung UMKM, Mahasiswa Prodi Kewirausahaan FE UNM Gelar EXPO Edupreneurship “EXPRESI 02”

Expo Edupreneur

Makassar. Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar kembali menyelanggarakan Expo Edupreneurship Season 2 yang dimulai pada tanggal 20 – 22 Juni 2023 pada pukul 08.00 – 22.00 WITA. Dengan mengangkat tema “Umkm Berdaya Indonesia Jaya” , Expo Edupreneurship ini akan diselenggarakan di Zona A RTH Lapangan Syech Yusuf Discovery Sungguminasa Kabupaten Gowa.

“EXPO Edupreneurship merupakan program wajib Himpunan Mahasiswa Prodi Kewirausahaan FE UNM yang di selenggarakan setiap tahun, penyelenggaraan Expo ini bertujuan untuk menjadi wadah serta kesempatan BUMNDes dan UMKM untuk mempromosikan produknya serta pendampingan pengembangan produk melalui berbagai kegiatan”. Terang Raflianto sebagai ketua Himpunan.

Pada Pelaksanaanya, Expo Edupreneurship Season 2 ini mengundang narasumber kompeten untuk sharing dan mendampingi para pelaku UMKM, diantarnya yaitu Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A selaku Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. Ir H. Andi Amran Sulaiman, M.P. yang merupakan mantan Menteri Pertanian periode 2014-2019, Ir. H. Kamrussamad, ST., M.Si. yang merupakan anggota DPR RI, Drg. Muh. Arief Rosyid Hasan, M.KM yang merupakan Komisaris Bank Syariah Indonesia Sulawesi Selatan, dalam rangkaian Seminar Nasional Kewirausahaan.

Baca:   Prodi Kewirausahaan FEB UNM Menerima Mahasiswa Jalur Mandiri Gelombang 1 Tahun 2022

Dihadirkan juga narasumber yang akan mengisi kegiatan Talkshow Entrepreneurship, Pelatihan Digital Marketing, dan Sharing Session diantaranya adalah Anggu Batari yang merupakan Influencer dari Sulawesi Selatan, H. Mahmuddin selaku Kepala Dinas UMKM Gowa, Ir. Muhammad Farid., S.Pd., M.T., P.h.D., ASEAN Eng yang merupakan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan UNM, Agus Khalik, S.Pd., MM selaku dosen di UNM, Dr. Agus Syam, S.Pd., M.Si., CDMS selaku Ketua Program Studi Kewirausahaan di UNM, Dr. Valentino Aris, S.Kom.,MM selaku dosen di UNM, Indira Mulyasari Pramustuti, SE selaku Direksi PDAM Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si selaku Wakil Walikota Makassar periode 2014-2019, H. Ismail selaku Entrepreneur.

1 2 Dukung UMKM, Mahasiswa Prodi Kewirausahaan FE UNM Gelar EXPO Edupreneurship “EXPRESI 02”

Peserta Expo Edupreneurship ini terbuka secara umum sehingga semua masyarakat dapat hadir dan menikmati acara yang diselenggarakan. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Expo ini adalah:

  1. Talkshow kewirausahaan. Kegiatan ini berupa bincang-bincang santai dengan pemateri yang berpengalaman dalam bisnis. Tujuan kegiatan ini adalah membangun ide-ide bisnis yang kreatif, tips dan trik dalam melakukan wirausaha, hal-hal apa saja yang penting dalam berwirausaha, kiat-kiat dalam merintis usaha, serta ilmu-ilmu penting wirausaha.
  2. Pelatihan digital marketing. Kegiatan ini berfokus mengajarkan dan melatih pelaku usaha melakukan pemasaran dengan cara memanfaatkan digital atau perangkat elektronik berbasis internet seperti sosial media dan website yang bermanfaat untuk menjangkau pasar secara luas dan membantu komunikasi antar pelaku usaha dan calon konsumen.
  3. Klinik kewirausahaan, merupakan tempat untuk melakukan konsultasi atau bimbingan tentang usaha yang dilakukan dengan dibimbing langsung oleh ahlinya. Disini pelaku usaha dapat melakukan konsultasi tentang bisnisnya dan akan diberikan saran, motivasi, serta bimbingan dari para ahli. Diantaranya pendampingan pembuatan NIB, PIRT, SERTIFIKASI HALAL dan Desain Kemasan.
  4. Seminar nasional kewirausahaan. Pada kegiatan ini, akan isi oleh narasumber yang akan memberikan motivasi dan inspirasi saat akan merintis usaha dan saat menjalankan usaha. Narasumber akan membagikan pengalamannya dalam berwirausaha, membagikan ilmu serta kunci kesuksesannya.
  5. Lomba bakat. Kegiatan ini menjadi wadah hiburan dengan menampilkan pertunjukan kreativas peserta. Pada pelaksanaanya, terdapat juri-juri yang berpengalaman untuk menilai dan memberikan masukan kepada peserta lomba. Lomba-lomba yang akan ditampilkan adalah lomba karaoke, lomba menari, serta lomba stand up comedy. Ini akan menjadi wadah bagi peserta untuk menyalurkan kemampuannya serta dapat dikenal oleh banyak orang.
  6. Pameran BUMDes. Pameran ini akan menampilkan produk yang diproduksi oleh BUMDes, serta menjadi wadah silaturahmi antar BUMDes dan masyarakat.
  7. Tenant UMKM. Kegiatan ini sebagai wadah pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen secara langsung sekaligus mempromosikannya. Dalam hal ini, pelaku UMKM dapat membangun relasi dengan konsumen sehingga skala pasar meluas dan dapat membangun kesepakatan kerja sama.
Baca:   Hiu Paus Mati Terjerat Pukat di NTT Telah Ditangani KKP