Fitur ‘Proxy’, Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet

WhatsApp baru-baru ini mengumumkan “proxy” fitur baru yang memungkinkan pengguna tetap bisa mengirim dan menerima pesan meski tak ada konektivitas internet seperti diblokir atau terganggu.

“Artinya, kami menyerahkan kekuatan ke tangan orang-orang untuk mempertahankan akses ke WhatsApp jika koneksi mereka diblokir atau terganggu,” kata WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Cara Setting PROXY WHATSAPP Fitur 'Proxy', Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet
Cara Setting PROXY WHATSAPP

“Harapan kami untuk tahun 2023 adalah agar penutupan internet ini tidak pernah terjadi. Gangguan seperti yang telah kami lihat di Iran selama berbulan-bulan tanpa henti mengingkari hak asasi manusia dan menghentikan orang untuk menerima bantuan mendesak.”

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Namun, ada kalanya Anda mungkin ingin menggunakan WhatsApp tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengaktifkan proxy pada aplikasi.

Baca:   5 Cara Sukses Menggunakan SEO Untuk Web Bisnis

Dengan fitur yang diluncurkan di seluruh dunia, baik di Android maupun iPhone ini, relawan dan/atau organisasi dapat menyiapkan server yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk terhubung ke server tersebut dan berkomunikasi dengan bebas.

Namun, WhatsApp mengingatkan bahwa penggunaan proxy pihak ketiga akan membagikan alamat IP pengguna dengan penyedia proxy karena proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

WhatsApp menjamin bahwa meskipun pengguna terhubung melalui proxy, pesan pribadi pengguna akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Namun, penggunaan proxy pihak ketiga akan membagikan alamat IP pengguna dengan penyedia proxy.

Berikut adalah tutorial tentang cara mengaktifkan proxy WhatsApp di Android dan iPhone.

Cara Setting Proxy WhatsApp di Android:

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah diperbarui melalui Google Play.
  2. Buka tab Obrolan dan ketuk “Opsi lainnya” > “Pengaturan”.
  3. Pilih “Penyimpanan dan Data” > “Proxy” dan ketuk “Gunakan Proxy”.
  4. Ketuk “Atur Proxy” dan masukkan alamat proxy yang ingin Anda gunakan. Kemudian ketuk “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.
  5. Jika koneksi berhasil, tanda centang akan muncul.
Baca:   Balas Boikot, Rusia Blokir Akses Facebook dan Twitter

Cara Setting Proxy WhatsApp di iPhone:

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah diperbarui ke versi terbaru.
  2. Buka Pengaturan WhatsApp.
  3. Pilih “Penyimpanan dan Data” > “Proxy” dan ketuk “Gunakan Proxy”.
  4. Masukkan alamat proxy yang ingin Anda gunakan dan ketuk “Simpan” untuk terhubung.
  5. Jika koneksi berhasil, tanda centang akan muncul.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah dapat menggunakan WhatsApp tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali koneksi internet setelah selesai menggunakan proxy.