Indonesia Akan Hadiri KTT G7 di Jerman

Indonesian President Jokowi Will Attend G7 Summit

Presiden Jokowi berencana akan melakukan rangkaian kunjungan ke luar negeri pada akhir Juni ini. Selain menghadiri KTT G7 di Jerman, Rusia dan Ukraina juga akan dikunjungi untuk membawa agenda penting terkait berbagai isu aktual dunia.

Dalam press briefing hari Kamis (22/06/2022 kemarin), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan rangkaian kunjungan Presiden Indonesia ke sejumlah negara.

Presiden Republik Indonesia telah mendapatkan undangan dari ketua G7 (Jerman) untuk hadir dalam KTT G7 di Jerman pada tanggal 26 sampai 27 Juni 2022.

Beberapa negara Non G7 atau disebut G7 Partner Countries juga hadir.

Indonesia Akan Hadiri KTT G7 di Jerman
Indonesia Akan Hadiri KTT G7 di Jerman

Negara non G7 mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 selain Indonesia, juga India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan.

Baca:   Rusia Rilis Daftar 22 Negara Yang Tidak Bersahabat

Jokowi juga diagendakan akan melakukan pertemuan bilateral pada saat kesempatan KTT ke-7 dengan para presiden G7 dan presiden negara-negara undangan.

“Permintaan pertemuan bilateral banyak sekali diterima oleh Presiden dan tentunya semaksimal mungkin akan diatur,” pungkas Retno.

Didalam G7 Summit Partner Countries tersebut salah satu isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah pangan.

“Issue pangan, energi, dan keuangan seperti yang saya sudah sampaikan akhir-akhir ini terus menjadi pembicaraan dunia,” kata Retno.

COVID 19 memberikan dampak pada ekonomi dunia dan di tengah upaya pemulihan ekonomi terjadi perang di Ukraina. Meskipun perang terjadi di Ukraina namun dampaknya dirasakan oleh seluruh dunia.