Ini Dia Pedang Samurai Antik 10 Miliar Sitaan Bea Cukai Swiss

Otoritas bea cukai Swiss telah mengamankan pedang samurai Jepang antik yang dibuat hampir 700 tahun yang lalu, setelah diselundupkan ke negara itu. Pedang Katana itu ditaksir senilai 10 miliar Rupiah.

Kantor Federal untuk Bea Cukai dan Keamanan Perbatasan mengatakan pedang katana, ditemukan di sebuah mobil dengan pelat Swiss selama pencarian rutin di dekat Zurich. Beberapa benda lain juga ditemukan di dalam mobil, termasuk buku antik, kontrak, dan faktur penjualan.

Pengemudi, ditemani putrinya, tidak mendaftarkan artefak bersejarah  senilai 650.000 euro (10 miliar Rupiah) itu di perbatasan Thayngen dari Jerman , kata para pejabat.

Pedang samurai abad ke-14 ditemukan di dalam mobil di perbatasan Swiss
Pedang samurai abad ke-14 ditemukan di dalam mobil di perbatasan Swiss

Otoritas bea cukai meluncurkan penyelidikan kriminal dan menetapkan bahwa pengemudi itu bukan pemilik benda-benda itu, tetapi telah mengambil pedang yang dibuat tahun 1353 itu, di Stuttgart atas permintaan majikannya.

Baca:   Dua pesawat AU Korsel bertabrakan, 4 Pilot Tewas

Pakar bea cukai menemukan bahwa impor pedang antik harus dianggap sebagai pelanggaran hukum Swiss yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya dan untuk mencegah pencurian, penjarahan, serta impor dan ekspor ilegal kekayaan budaya.

Setelah penyelidikan, otoritas regional memberlakukan denda lebih dari 6.000 franc Swiss (sekitar 90 juta Rupiah) pada majikan .

Otoritas bea cukai mengatakan mereka telah mengumpulkan hampir 54.000 franc Swiss dalam bentuk PPN dari pengemudi, yang menghadapi denda hingga 800.000 franc lebih lanjut.