Jokowi: Prioritaskan Vaksin Booster Untuk Lansia

Jokowi menginstruksikan setiap daerah untuk meningkatkan upaya pemberian vaksin dengan dosis penguat (vaksin booster). Para lansia menjadi prioritas  suntikan vaksin tersebut.

Hal ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara saat meninjau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Terminal Petikemas Bitung, Kota Bitung, pada Jumat (25/2/2022).

Jokowi: Prioritaskan Vaksin Booster Untuk Lansia
Jokowi: Prioritaskan Vaksin Booster Untuk Lansia. Foto: BPMI Setpres

Program vaksinasi tersebut juga dilaksanakan secara serentak untuk masyarakat di 14 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berdialog melalui konferensi video dengan sejumlah perwakilan dari kabupaten/kota yang sekaligus melaporkan capaian vaksinasi di setiap daerahnya. Jokowi pun mengapresiasi sejumlah daerah yang capaian vaksinasinya sudah sangat tinggi, salah satunya di Kota Tomohon.

Baca:   Akhirnya, Naik Pesawat Tidak Perlu Swab PCR dan Antigen

“Tadi Tomohon saya kira suntikan pertama, kedua, dan ketiga sudah baik dan saya harapkan juga kota dan kabupaten yang lain juga sama, kalau bisa semua sudah di atas 70 (persen), sudah bagus,” ucap Jokowi.

“Dilanjutkan terus baik yang pertama, yang kedua, kemudian masuk yang ketiga, utamakan kepada lansia,” tutur Kepala Negara.

Kepala Negara berharap agar seluruh masyarakat di Tanah Air dapat memanfaatkan program vaksinasi untuk melindungi diri dari virus serta meringankan gejala apabila terpapar virus korona.

“Meskipun kena, yang sudah dapat suntikan kedua apalagi yang sudah ketiga, biasanya tanpa gejala dan ringan, ini pengalaman yang sudah ada,” tuturnya.

Dengan adanya program vaksinasi tersebut, Presiden pun berharap angka kasus Covid-19 di Tanah Air dapat terus terkendali.

Baca:   Pandemi Membaik, Boleh Mudik Lebaran 2022, Asal...

“Kita harapkan nanti dengan suntikan yang pertama sudah tinggi, suntikan yang kedua sudah tinggi, kemudian diperkuat dengan suntikan vaksin booster, suntikan penguat, saya kira kita harapkan yang terpapar Covid-19 terus bisa kita kurangi dan kita tekan,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.