Berita  

Mencetak Pewirausaha Muda di Kabupaten Majene Melalui PKM Literasi Kewirausahaan

majene Mencetak Pewirausaha Muda di Kabupaten Majene Melalui PKM Literasi Kewirausahaan
Dosen FEB UNM dengan Siswa dan Siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Majene

Sulbar. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan. Dosen sebagai akademisi memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Implementasi PKM dilaksanakan dosen UNM melalui PKM Terpadu Program Pascasarjana Tahun 2023. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 2 hari yaitu 7-8 Juli 2023 di SMK Negeri 2 Kabupaten Majene.

Pengabdian masyarakat ini mengusung tema Literasi Kewirausahaan yang ditujukan bagi siswa sekolah menengah. Sasaran kegiatan PKM ialah memberikan pemahaman mengenai makna dan manfaat kewirausahaan. Hal ini menjadi langkah awal bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuannya mengenai kewirausahaan dan alasan pentingnya kewirausahaan bagi perkembangan perekonomian nasional. Selain itu, literasi kewirausahaan menjadi motivasi bagi anak muda khususnya siswa sekolah menengah untuk terlibat dan berpartisipasi dalam memajukan daerah Kabupaten Majene dengan cara berwirausaha.

Dosen FEB UNM saat Pengabdian masyarakat
Dosen FEB UNM saat Pengabdian masyarakat

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat diketuai oleh Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M.Si. Anggota pengabdi terdiri dari empat orang dosen yaitu Dr. Agus Syam, M.Si, Dr. Muhammad Jufri, M.Pd, Fajriani Azis, S.Pd., S.E., M.Si., dan Nurafni Oktaviyah, M.Ak serta 2 orang mahasiswa. Acara pembukaan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kab. Majene. Setelah kegiatan pembukaan, masing-masing tim pengabdi menuju ke lokasi pengabdian. SMK Negeri 2 sebagai lokasi pengabdian merupakan sekolah SMK dengan jumlah siswa terbanyak di Kabupaten Majene. Hal ini disampaikan oleh Bapak Drs Nurdin Sanurdin selaku kepala sekolah saat menyambut tim pengabdi. Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar diawali dengan pemberian arahan dan materi dari ketua pengabdi kemudian dilanjutkan oleh anggota pengabdi. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan terlihat pada jumlah siswa yang berpartisipasi dan banyaknya siswa yang bertanya saat sesi diskusi.

Baca:   Tim Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi FEB UNM Gelar PKM Terpadu di SMK Negeri Limboro Sulawesi Barat

Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan menggabungkan antara teori dan praktek. Tim pengabdi memberikan pemahaman sekaligus penjelasan kegiatan praktek terkait literasi kewirausahaan. Harapannya siswa sebagai generasi muda memiliki jiwa kewirausahaan yang visioner, pekerja keras, gigih, dan inovator. “Semoga melalui kegiatan pengabdian ini mampu membuka pemikiran siswa dan menciptakan pewirausaha sukses yang berasal dari generasi muda khususnya siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Majene” ucap ketua pengabdi mengakhiri kegiatan pengabdian.