Perang Rusia Ukraina Terbaru, Rangkuman Hari ke-51

Perang Rusia Ukraina memasuki hari ke 51. Alih-alih mereda, ketegangan semakin meninggi dengan berbagai serangan tempur dan lontaran pernyataan kedua pihak yang bertikai.

Berikut rangkuman kondisi Perang Rusia Ukraina terbaru, rangkuman Hari ke-51 invasi Rusia ke tanah Ukraina yang dilansir dari TheGuardian.

  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, telah memuji keberanian dan tekad rakyatnya pada hari ke-50 perang. Ia menyebut invasi Rusia ‘tidak masuk akal’ dan ‘bunuh diri’ dalam pidato nasional terbarunya . “Kami sudah bertahan selama 50 hari. Lima puluh hari invasi Rusia, meskipun penjajah memberi kami maksimal lima hari,” katanya.
Perang Rusia Ukraina Hari Ini
Perang Rusia Ukraina Hari Ini
  • Kapal penjelajah andalan Rusia , Moskva, telah tenggelam di Laut Hitam di lepas pantai selatan Ukraina, menurut kementerian pertahanan Rusia. Ukraina mengklaim dihantam oleh persenjataan Ukraina – rudal jelajah Neptunus, yang dibangun sendiri oleh Ukraina. Rusia menyatakan bahwa kebakaran di kapal dan kemudian “kondisi laut badai” saat sedang ditarik ke pelabuhan adalah penyebabnya . Rusia hanya memiliki tiga kapal perang kelas unggulan ini, yang memiliki awak hampir 500 pelaut, dan hilangnya Moskva merupakan pukulan besar. Mantan direktur CIA David Petraeus menggambarkan pengakuan Rusia sebagai “momen kebenaran yang langka”, mengatakan kepada BBC: “Saya terkejut mereka mengakuinya.”
    Moskva melayani “peran kunci sebagai kapal komando dan simpul pertahanan udara”, kata Kementerian Pertahanan Inggris .
  • Vladimir Putin mungkin akan menggunakan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir hasil rendah mengingat kemunduran militer dalam invasi ke Ukraina , direktur CIA, William Burns , mengatakan. Selama pidato di Atlanta, Burns mengatakan: “Mengingat potensi keputusasaan Presiden Putin dan kepemimpinan Rusia … tidak ada dari kita yang dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir hasil rendah.” Kremlin menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga tinggi tak lama setelah invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari.
  • Sebanyak 6.673 dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia di Ukraina sedang diselidiki , kata kantor kejaksaan Ukraina. 198 anak telah dipastikan tewas, tambah kantor tersebut.
  • Wakil menteri luar negeri Rusia, Alexander Grushko , mengatakan Moskow akan mengambil “langkah-langkah keamanan dan pertahanan yang kami anggap perlu” jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO. Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita milik negara Rusia Tass, menteri mengatakan keanggotaan dalam aliansi militer akan “sangat memperburuk situasi militer” dan menyebabkan “konsekuensi yang paling tidak diinginkan”. Finlandia dan Swedia sebelumnya telah mengambil langkah besar untuk bergabung dengan NATO .
  • Kementerian luar negeri Ukraina telah mengajukan banding ke PBB untuk memfasilitasi kembalinya anak-anak Ukraina yang telah “dideportasi secara ilegal” ke Rusia. Dalam sebuah pernyataan , kementerian mengatakan Rusia telah “terlibat dalam penculikan anak-anak yang diorganisir oleh negara dan penghancuran masa depan bangsa Ukraina”.
  • Prancis berencana untuk mengembalikan kedutaannya ke ibukota Ukraina, Kyiv. Itu telah pindah ke kota barat Lviv pada bulan Maret saat Rusia menginvasi. Volodymyr Zelenskiy telah mendesak sekutu untuk melanjutkan kehadiran diplomatik normal mereka di Ukraina.
  • Zelenskiy lebih lanjut mendesak negara-negara Eropa untuk menyerahkan minyak Rusia yang menyediakan uang “darah” ke Moskow, dan meminta lebih banyak senjata untuk membantu Ukraina mengusir invasi Rusia.
  • Sembilan koridor kemanusiaan telah disepakati untuk Jumat , wakil perdana menteri Ukraina Iryna Vereshchuk telah mengumumkan. Sebanyak 2.557 orang dievakuasi dari kota-kota Ukraina melalui koridor kemanusiaan pada Kamis , Vereshchuk mengkonfirmasi, dengan 289 di antaranya dari Mariupol. Kepala Program Pangan Dunia PBB, sementara itu, mengatakan orang-orang “mati kelaparan” di kota yang terkepung itu.
  • Armenia telah mulai melakukan pembayaran untuk gas Rusia dalam rubel , menteri ekonominya, Vagan Kerobyan, mengatakan kepada RBC. “Kita perlu bergerak menuju mata uang nasional … Sejauh yang saya tahu, beberapa pembayaran terakhir dalam rubel, tetapi pada tingkat yang sesuai,” RIA mengutip Kerobyan mengatakan.
  • Seorang legislator Rusia dan dua pembantunya mendorong kampanye propaganda rahasia yang bertujuan memenangkan dukungan pemerintah AS untuk agenda kebijakan luar negeri Rusia, termasuk tindakan melawan Ukraina , menurut dakwaan Departemen Kehakiman yang dilihat oleh Associated Press.
  • Presiden Prancis, Emmanuel Macron, telah berjanji untuk mengirimkan 24 truk pemadam kebakaran dan ambulans serta 50 ton peralatan darurat ke Ukraina .
Baca:   Kebakaran terjadi di PLTN Zaporizhzhia