Berita  

PKM Pelatihan Pembuatan Sirup Kelapa Muda Dalam Peningkatan Pendapatan Kelompok Ibu-Ibu Nelayan di Kecamatan Kepulauan Tanakeke Kabupaten Takalar

kelapa2 PKM Pelatihan Pembuatan Sirup Kelapa Muda Dalam Peningkatan Pendapatan Kelompok Ibu-Ibu Nelayan di Kecamatan Kepulauan Tanakeke Kabupaten Takalar
Foto : TIM pengolahan sirup kelapa muda di pulau Satangnga

Takalar, Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan akan kemanfaatan dari kelapa muda untuk diolah menjadi sirup, sehingga memberikan nilai tambah dari kelapa muda dan dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu nelayan. Sasaran kegiatan ini yaitu berpusat di Pulau Satangnga desa Mattiro Baji kacamatan Tanakeke kabupaten Takalar.

PKM ini dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2023 oleh beberapa dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya, yang diketuai oleh Yasni, S.E., M.Si., dengan anggota; Sudarmi, S.Pd., M.Pd.,., Maulana, S.E., M.M., Muhammad Basri, S.T., M.M., Muhammad Arif, S.E., M.Ak. dan Yohanis, S.E., M.M serta beberapa mahasiswa yang membantu dalam proses pembuatan sirup kelapa muda.

Yasni, S.E., M.Si. sebagai ketua pengabdi mengatakan bahwa pengolahan sirup kelapa muda di pulau Satangnga sangat potensial dilaksanakan karena sumber daya alamnya terkhusus kelapa sangat melimpa ruah, senada dengan ibu-ibu nelayan yang ada di pulau tersebut sangat antusias menyambut kedatangan dosen-dosen dari STIMLASH dan sangat senang dengan adanya pelaksanaan kegiatan pengolahan sirup kelapa muda yang merupakan pengetahuan baru bagi mereka serta dapat menambah pendapatan.

Baca:   Gelar Diklat Jurnalistik, Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan FEB UNM Makin Piawai Tulis Berita

Salah satu warga pulau Satangnga yang berprofesi sebagai guru yaitu Bapak Asrul mengatakan, besar harapan kami agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin.