Perang Rusia Ukraina Terkini, Ini Yang Terjadi Sampai Hari ke 16

Memasuki hari ke 16 Perang Rusia Ukraina , Presiden Zelenskiy menuding Rusia sebagai ‘negara teroris’ karena menyerang konvoi kemanusiaan. Rusia balik menuding justru Ukraina menempatkan militer dan mata-mata dalam konvoi bantuan kemanusiaan itu.

Perang Rusia Ukraina. (Foto: AP)
Perang Rusia Ukraina Terkini, Ini Yang Terjadi Sampai Hari ke 16

Koridor kemanusiaan tidak berjalan baik

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy mengatakan Rusia adalah ‘negara teroris’ dalam video pidato terbarunya. “Dunia harus mengetahuinya. Dunia harus mengakuinya,” katanya sebagaimana dilansir dari TheGuardian. Ia juga menuduh pasukan Rusia menyerang konvoi bantuan kemanusiaan untuk kota Mariupol yang terkepung.

Zelenskiy mengungkap tidak ada pengungsi yang berhasil dievakuasi dari kota Mariupol pada hari Kamis (10/3). Namun di lima kota lainnya terdapat sekitar 40.000 orang pengungsi telah keluar dari kota yang diserang Rusia.

Sebaliknya, Kementerian pertahanan Rusia melalui akun facebook resminya mengatakan akan membuka koridor kemanusiaan pada hari Jumat bagi warga sipil untuk mengungsi dari Kiev, Kharkiv, Sumy, Chernihiv dan Mariupol.

Ia juga menuduh Ukraina menggunakan personel dinas keamanan untuk mengemudikan truk bantuan dan memata-matai posisi militer Rusia di kota-kota yang dibuka koridor mobilisasi untuk kemanusiaan.

Ratusan ribu orang di Mariupol menghadapi situasi kemanusiaan yang semakin mengerikan dan putus asa, kata Palang Merah Internasional. Seorang pemimpin delegasi mengatakan orang-orang di Mariupol mulai saling menyerang untuk mendapatkan makanan dan banyak orang melaporkan tidak memiliki makanan untuk anak-anak mereka.

Baca:   Update Terkini Perang Rusia VS Ukraina 2 Maret 2020

Publik Inggris akan dapat menawarkan akomodasi kepada pengungsi Ukraina saat pemerintah mengumumkan rute baru ke Inggris bagi mereka yang melarikan diri dari invasi Rusia.

Sebuah laporan yang baru-baru ini dirilis dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia “melakukan peningkatan jumlah pasukan yang dikerahkan untuk mengepung kota-kota utama” karena perlawanan Ukraina yang kuat.

Namun ada dua laporan yang saling bertentangan tentang keadaan pasukan Rusia di sekitar kota Kiev ibukota negara Ukraina.

Menurut perusahaan AS Maxar Technologies, berdasarkan rilis foto-foto satelit, konvoi militer besar Rusia yang terakhir terlihat di barat laut Kiev sebagian besar telah tersebar dan dipindahkan ke tempat lain.

Hal ini berbeda dengan penyataan seorang pejabat pertahanan AS Kamis kemarin bahwa pasukan Rusia telah bergerak 5 km (atau sekitar 3 mil) lebih dekat ke ibukota Ukraina Kiev .

Sirene udara terdengar di Lviv pada dini hari Jumat. Ledakan juga dilaporkan terjadi di Lutsk di barat laut Ukraina, dekat perbatasan Polandia, serta di Dnipro, benteng utama di timur tengah Ukraina. Tiga serangan udara di Dnipro menewaskan sedikitnya satu orang.

Baca:   Perang Rusia Ukraina Terbaru, Rangkuman Hari ke-51

Pembicaraan tingkat tinggi antara Rusia dan Ukraina yang pertama sejak Perang Rusia Ukraina dua minggu lalu, berakhir tanpa gencatan senjata. Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan tidak ada kemajuan untuk mencapai gencatan senjata dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov.

Tekanan Barat Untuk Rusia Meningkat

Presiden AS Joe Biden akan mengumumkan peningkatan tekanan ekonomi pada hari Jumat ketika ia menyerukan diakhirinya hubungan perdagangan normal dengan Rusia.

Langkah ini akan membawa Rusia ke dalam hutan belantara ekonomi bersama dengan Kuba dan Korea Utara. Sebagai dampaknya, isolasi ekonomi ini akan dan memperdalam jurang resesi yang menurut IMF sudah mulai menggigit ekonomi dalam negeri Rusia.

Pemilik klub sepak bola Chelsea, Roman Abramovich, masuk di antara tujuh oligarki terkaya dan paling berpengaruh di Rusia yang terkena sanksi oleh Inggris, dalam upaya untuk lebih menghukum sekutu Vladimir Putin atas perang Rusia Ukraina .

Para pemimpin Uni Eropa mengakui aspirasi dan setuju untuk mendukung aspirasi Ukraina dalam mengejar jalur Eropanya. Setelah pertemuan di Versailles, sebuah pernyataan Uni Eropa juga menyerukan penarikan segera dan tanpa syarat pasukan Rusia dari teritorial Ukraina, serta memuji perlawanan Ukraina yang berani.

Baca:   Perang Rusia Ukraina Terbaru, Ramzan Kadyrov Hadir di Ukraina

Mantan kanselir Jerman Gerhard Schröder dilaporkan telah bertemu dengan presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskow untuk pembicaraan tentang mengakhiri perang di Ukraina.

Senjata kimia dan biologis

Perdana menteri Inggris  Boris Johnson telah mengungkapkan kekhawatiran bahwa Vladimir Putin dapat menggunakan senjata kimia dalam perang Rusia Ukraina.

Menggaungkan bahasa yang digunakan oleh Gedung Putih, ia mengatakan klaim Rusia tentang musuh-musuhnya yang bersiap-siap untuk menggunakan senjata kimia ‘langsung di luar pedoman mereka’.

Dewan keamanan PBB akan bersidang pada hari Jumat atas permintaan Rusia untuk membahas klaim Moskow atas aktivitas biologis AS di Ukraina.